FUNGSI KARET ELASTOMER JEMBATAN
Karet Bantalan Jembatan atau Karet Elastomer Jembatan adalah perangkat yang
mengirimkan beban dari bangunan atas ke bangunan bawah untuk mengakomodasi
pergerakan dan perpindahan antara tiang penyangga dengan beton pada jembatan . Karet
Bantalan Jembatan dipasang pada konstruksi jembatan untuk menahan beban dan
deformasi simultan ke segala arah , sementara juga memungkinkan untuk rotasi
kecil dalam salah satu sumbu bantalan. Karet Elastomer Jembatan seluruhnya
terbuat dari karet atau dapat diperkuat dengan baja lembaran khusus untuk
meningkatkan kapasitas dan kekuatan terutama pada jembatan yang dilalui oleh
kendaraan yang memberi beban besar pada jembatan.
Jenis Elastomeric Bearing Pads ( Bearing Pads Jembatan )
Plain Elastomeric Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan Polos) yang tidak ada pelat baja didalamnya.
Laminated Elastomeric Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan ) yang
terdapat pelat baja laminasi didalamnya. Laminated Elastomeric Bearing Pads direkomendasikan
untuk konstruksi jembatan yang mempunyai beban berat dan dilewati oleh
kendaraan besar karena mereka memberikan
kinerja yang lebih handal dan stabilitas yang lebih baik .
Plain Elastomeric Bearing Pads ( Karet Elastomer Jembatan polos ) hanya
cocok untuk beban rendah dan strain geser kecil, Karet Bearing Pads jenis polos
ini digunakan diberbagai konstruksi jembatan dengan beban rendah.
Fungsi Karet Elastomer Jembatan adalah untuk
meminimalisir kerusakan pada struktur jembatan yang disebabkan oleh pergeseran
pada salah satu struktur jembatan yang tak terlihat dan rotasi yang harus
ditampung untuk melindungi struktur dan infrastruktur pada konstruksi jembatan dan juga berfungsi untuk memberi
keamanan yang mengakomodasi berbagai
gerakan dan rotasi serta mendukung berat dari struktur dan untuk mengirimkan
beban dari bentang atas kebeton penyangga bagian bawah . Penyebab paling umum
pada kerusakan struktur komponen jembatan antara lain karena perubahan
suhu, gerakan Lalu Lintas dan
pengereman, Susut dan rangkak, Kelebihan beban pada kendaraan yang
melewati jembatan tersebut.
Untuk mengakomodasi gerakan
translasi ( ekspansi dan kontraksi ) misalnya gerakan karena suhu sehingga
perubahaan konstruksi sangat memungkinkan. Karena beban mati & beban hidup
terutama miring jalan ; susut dan rangkak dll dan juga untuk mengakomodasi
gerakan rotasi deck girder . Rotasi terjadi akbibat geladak menyalurkan
beban beban kebagian bawah jembatan. Dan
beberapa rotasi relatif terjadi pada bagian komposit karena sifat yang berbeda
dari beton dan baja .
TEKHNOLOGI BEARING PADS JEMBATAN
Dengan berkembangnya industri konstruksi jembatan dan
infrastruktur diindonesia serta banyaknya permintaan Elastomeric Bearing Pads
( Bantalan Jembatan ) dari berbagai macam kontraktor baik BUMN maupun Swasta
diindonesia kepada kami.
Sehingga kami sebagai produsen karet yang khususnya
memproduksi berbagai macam produk yang dipakai diperusahaan industry mengembangkan
produk untuk kebutuhan industry konstruksi diantaranya Elastomeric Bearing Pads
( Karet Bantalan Jembatan ) dan Rubber Fender yang dipakai untuk konstruksi
Dermaga ( Pelabuhan ) yang berfungsi sebagai penahan beban benturan kapal waktu berlabuh atau bersandar ke dermaga tersebut.
Elastomer Karet Jembatan digunakan secara ekstensif dalam berbagai
industri konstruksi Jembatan saat ini. Elastomer Bearing Pad lebih banyak
digunakan dalam konstruksi pembangunan Jembatan, jalan tol biasa disebut Bantalan Karet Jembatan atau Karet Perletakan Jembatan
Elastomer Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan ) berfungsi
sebagai penerus beban dari bangunan bagian atas jembatan kebagian bawah
bangunan jembatan. (seperti gambar dibawah ini ). Fungsi utama dari Karet
Elastomer tersebut adalah menahan getaran atau beban Jembatan sehingga dapat
mencegah benturan secara langsung antara beton bagian atas dan bagian bawah.
Kunjungi web official kami