Merupakan perletakan dari jembatan yang berfungsi untuk menahan beban berat baik yang vertikal maupun horisontal. Disamping itu juga untuk meredam getaran sehingga abutment tidak mengalami kerusakan.
Untuk Karet Perletakkan Jembatan direncanakan digunakan bearings ( Bantalan ) seperti terlihat pada gambar dibawah ini ( bearing pad atau elastomeric bearing pads ).
1. Elastomeric Bearings Pad (Plate)
Spesifikasi :
a. Merupakan bantalan atau perletakan elastomer yang dapat menahan beban berat, baik yang vertikal maupun horisontal.
b. Bantalan atau perletakan elastomer disusun atau dibuat dari lempengan elastomer dan logam yang disusun secara lapis perlapis.
c. Merupakan satu kesatuan yang saling melekat kuat dan diproses dengan tekanan tinggi.
d. Bantalan atau perletakan elastomer berfungsi untuk meredam getaran, sehingga kepala jembatan (abutment) tidak mengalami kerusakan.
e. Lempengan logam yang paling luar dan ujung-ujung elastomer dilapisi dengan lapisan elastomer supaya tidak berkarat.
f. Bantalan atau perletakan elastomer juga disebut bantalan neoprene yang dibuat dari karet sinthetis.
Pemasangan :
a. Bantalan atau perletakan elastomer dipasang diantara tumpuan kepala jembatan dan gelagar jembatan.
b. Untuk melekatkan bantalan atau perletakan elastomer dengan beton atau besi dapat dipergunakan lem epoxy rubber.
Ukuran :
Selain ukuran-ukuran standar yang sudah ada, juga dapat dipesan ukuran sesuai permintaan.
2. Bearing Pad / Strip (Polos non Plate)
Spesifikasi :
a. Merupakan lembaran karet (elastomer) tanpa plat baja
b. Berfungsi untuk meredam getaran mesin maupun ujung gelagar jembatan
c. Dipasangkan diantara beton dengan beton atau beton dengan besi
Ukuran :
Selain ukuran-ukuran standar yang sudah ada, juga dapat dipesan ukuran
sesuai permintaan.



website perusahaan