KARET ELASTOMER JEMBATAN




FUNGSI KARET ELASTOMER JEMBATAN 


Karet Bantalan Jembatan atau Karet  Elastomer Jembatan adalah perangkat yang mengirimkan beban dari bangunan atas ke bangunan bawah untuk mengakomodasi pergerakan dan perpindahan antara tiang penyangga dengan beton pada jembatan . Karet Bantalan Jembatan dipasang pada konstruksi jembatan untuk menahan beban dan deformasi simultan ke segala arah , sementara juga memungkinkan untuk rotasi kecil dalam salah satu sumbu bantalan. Karet Elastomer Jembatan seluruhnya terbuat dari karet atau dapat diperkuat dengan baja lembaran khusus untuk meningkatkan kapasitas dan kekuatan terutama pada jembatan yang dilalui oleh kendaraan yang memberi beban besar pada jembatan.



Jenis Elastomeric Bearing Pads ( Bearing Pads Jembatan )

Plain Elastomeric Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan  Polos) yang tidak ada pelat baja didalamnya.

Laminated Elastomeric Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan ) yang terdapat pelat baja laminasi didalamnya. Laminated Elastomeric Bearing Pads direkomendasikan untuk konstruksi jembatan yang mempunyai beban berat dan dilewati oleh kendaraan besar  karena mereka memberikan kinerja yang lebih handal dan stabilitas yang lebih baik .

Plain Elastomeric Bearing Pads ( Karet Elastomer Jembatan polos ) hanya cocok untuk beban rendah dan strain geser kecil, Karet Bearing Pads jenis polos ini digunakan diberbagai konstruksi jembatan dengan beban rendah.


Fungsi Karet Elastomer Jembatan adalah untuk meminimalisir kerusakan pada struktur jembatan yang disebabkan oleh pergeseran pada salah satu struktur jembatan yang tak terlihat dan rotasi yang harus ditampung untuk melindungi struktur dan infrastruktur pada konstruksi  jembatan dan juga berfungsi untuk memberi keamanan yang  mengakomodasi berbagai gerakan dan rotasi serta mendukung berat dari struktur dan untuk mengirimkan beban dari bentang atas kebeton penyangga bagian bawah . Penyebab paling umum pada kerusakan struktur komponen jembatan antara lain karena perubahan suhu,  gerakan Lalu Lintas dan pengereman, Susut dan rangkak, Kelebihan beban pada kendaraan yang melewati  jembatan tersebut.
    Untuk mengakomodasi gerakan translasi ( ekspansi dan kontraksi ) misalnya gerakan karena suhu sehingga perubahaan konstruksi sangat memungkinkan. Karena beban mati & beban hidup terutama miring jalan ; susut dan rangkak dll dan juga untuk mengakomodasi gerakan rotasi deck girder . Rotasi terjadi akbibat geladak menyalurkan beban  beban kebagian bawah jembatan. Dan beberapa rotasi relatif terjadi pada bagian komposit karena sifat yang berbeda dari beton dan baja .


TEKHNOLOGI BEARING PADS JEMBATAN

Dengan berkembangnya industri konstruksi jembatan dan infrastruktur diindonesia serta banyaknya permintaan Elastomeric Bearing Pads ( Bantalan Jembatan ) dari berbagai macam kontraktor baik BUMN maupun Swasta diindonesia kepada kami.


Sehingga kami sebagai produsen karet yang khususnya memproduksi berbagai macam produk yang dipakai diperusahaan industry mengembangkan produk untuk kebutuhan industry konstruksi diantaranya Elastomeric Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan ) dan Rubber Fender yang dipakai untuk konstruksi Dermaga ( Pelabuhan ) yang berfungsi sebagai penahan beban benturan kapal waktu berlabuh atau bersandar ke dermaga tersebut.

Elastomer Karet Jembatan digunakan secara ekstensif dalam berbagai industri konstruksi Jembatan saat ini. Elastomer Bearing Pad lebih banyak digunakan dalam konstruksi pembangunan Jembatan, jalan tol biasa disebut Bantalan Karet  Jembatan atau Karet Perletakan Jembatan
Elastomer Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan ) berfungsi sebagai penerus beban dari bangunan bagian atas jembatan kebagian bawah bangunan jembatan. (seperti gambar dibawah ini ). Fungsi utama dari Karet Elastomer tersebut adalah menahan getaran atau beban Jembatan sehingga dapat mencegah benturan secara langsung antara beton bagian atas dan bagian bawah.


Kunjungi web official kami