Type dan Jenis Karet Elastomeric Bearing Pad Bantalan Jembatan





Dengan berkembangnya tekhnologi dalam berbagai bidang, tidak ketinggalan pula dibidang Tekhnik Sipil Khususnya Konstruksi Jembatan yang saat ini sudah berkembang pesat di Indonesia. Dimana salah satu komponen penahan beban Girder sudah banyak menggunakan Karet Elastomer Bantalan Jembatan. Dimana Karet Elastomer Jembatan (Elastomeric Bearing Pads) sudah diharuskan pemakaiannya dalam konstruksi Jebatan, Fly Over (High Way) dan konstruksi lainnya.
Fungsi dari Karet Elastomer Bantalan jembatan (Elastomeric Bearing Pads / Rubber Bearing Pads) Tersebut adalah menahan beban antara Beton Pondasi & Girder. Sehingga dengan pemakaian Karet Elastomer Jembatan tersebut keretakan atau pun pecahnya Girder yang diakibatkan oleh tekanan Girder pada beton dapat diminimalisir oleh Karet Bantalan Jembatan yang terpasang pada pondasi konstruksi jembatan tersebut.
Pada umumnya type Karet Tatakan Jembatan (Karet Bantalan Jembatan) ada 2 Type, yaitu Polos & Plate. Type polos adalah Karet Elastomer Jembatan yang diproduksi tanpa ada plat baja yang tertanam didalamnya. Sedangkan Karet Bantalan Jembatan ( Elastomer Jembatan ) type Plate adalah jenis Karet Elastomer ( Karet Tatakan Jembatan ) yang diproduksi dengan tertanam Plat Baja didalamnya. Diproduksi dengan system Vulkanisasi Khusus pada Karet dan plate. Sistem perekat antara karet & plat divulkanisasi dengan tekanan tinggi sehingga kekuatan dan penyatuan antara karet dengan plat baja tersebut sangat kuat.
Ukuran dan penentuan jenis kebutuhan Karet Elastomer Bantalan Jembatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan di proyek, karena ukuran sangat bervariasi tergantung dari Beban Jembatan, Beban Kendaraan yang melewati jembatan tersebut baik beban vertical maupun beban horizontal. Dan standart  ukuran Karet Elastomer Jembatan (Elastomeric Bering Pads) dari Kementrian Pekerjaan Umum ada tiga (3) Jenis yaitu : Jenis I 300 X 350 X 36 mm Jenis II 400 X 350 X 39 mm Jenis III 400 X 450 X 45 mm.
Dan banyak dari kontraktor BUMN ataupun Swasta yang menggunakan Karet Bantalan Jembatan ( Rubber Bearing Pads ) dengan Jenis ataupun type ukuran yang berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan proyek dilapangan. Kami sebagai Produsen Karet Elastomer Jembatan dapat menyesuaikan permintaan dari kontrakor untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk kemajuan Konstruksi di Indonesia.