ELASTOMER BEARING PADS

Elastomeric Bearing Pads ( Karet Bantalan Jembatan )

Merupakan perletakan dari jembatan yang berfungsi untuk menahan beban berat baik yang vertikal maupun horisontal. Disamping itu juga untuk meredam getaran sehingga abutment tidak mengalami kerusakan.
Untuk Karet Perletakkan Jembatan direncanakan digunakan bearings ( Bantalan )  seperti terlihat pada gambar dibawah ini ( bearing pad atau elastomeric bearing pads ).

1. Elastomeric Bearings Pad (Plate)
Spesifikasi :
a. Merupakan bantalan atau perletakan elastomer yang dapat menahan beban berat, baik yang vertikal maupun horisontal.
b. Bantalan atau perletakan elastomer disusun atau dibuat dari lempengan elastomer dan logam yang disusun secara lapis perlapis.
c. Merupakan satu kesatuan yang saling melekat kuat dan diproses dengan tekanan tinggi.
d. Bantalan atau perletakan elastomer berfungsi untuk meredam getaran, sehingga kepala jembatan (abutment) tidak mengalami kerusakan.
e. Lempengan logam yang paling luar dan ujung-ujung elastomer dilapisi dengan lapisan elastomer supaya tidak berkarat.
f. Bantalan atau perletakan elastomer juga disebut bantalan neoprene yang dibuat dari karet sinthetis.
Pemasangan :
a. Bantalan atau perletakan elastomer dipasang diantara tumpuan kepala jembatan dan gelagar jembatan.
b. Untuk melekatkan bantalan atau perletakan elastomer dengan beton atau besi dapat dipergunakan lem epoxy rubber.
Ukuran :
Selain ukuran-ukuran standar yang sudah ada, juga dapat dipesan ukuran sesuai permintaan.

2. Bearing Pad / Strip (Polos non Plate)
Spesifikasi :
a. Merupakan lembaran karet (elastomer) tanpa plat baja
b. Berfungsi untuk meredam getaran mesin maupun ujung gelagar jembatan
c. Dipasangkan diantara beton dengan beton atau beton dengan besi
Ukuran :
Selain ukuran-ukuran standar yang sudah ada, juga dapat dipesan ukuran
sesuai permintaan.



Elastomeric Bearing Pads atau Karet Bantalan Jembatan merupakan salah satu komponen yang pada saat ini banyak digunakan dalam struktur jembatan yang berfungsi sebagai media penyalur beban antara bangunan atas dengan bangunan bawah jembatan. Berdasarkan fungsinya tersebut, maka kualitas dari bantalan karet yang akan digunakan dalam struktur jembatan harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan sehingga perlu dilakukan pengujian-pengujian di laboratorium untuk menguji kualitas dari bantalan karet  tersebut,
 salah satu cara pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekakuan tekan dan kekakuan geser. Cara uji ini dimaksudkan sebagai acuan dan pegangan bagi pelaksana, teknisi laboratorium atau produsen dalam melakukan uji kekakuan tekan dan kekakuan geser bantalan karet jembatan untuk digunakan pada suatu struktur jembatan. 
Secara garis besar cara uji ini mencakup persyaratan-persyaratan mengenai bantalan karet, cara kerja pengujian serta perhitungan kekakuan tekan dan kekakuan geser bantalan karet. Proses & sistem produksi sangat berpengaruh terhadap kualitas Karet Elastomer Jembatan tersebut, untuk memberikan kualitas terbaik, kami menggunakan peralatan yang sangat modern dengan sytem Hydraulic Hotpress dengan Tekanan 300Ton, sehingga produk kami dipercaya oleh banyak kontraktor untuk menyuplai Karet Elastomer Jembatan diberbagai wilayah diindonesia.






website perusahaan